PANORAMA PATTAYA

pty_hill1Pattaya View Point & Wat Khao Phra Bat

Terletak di bukit Pattaya, sebutan orang Thai  “Khao Phra Tum Nak” atau “Khao Phra Baht” Bukit pattaya ini memisahkan pantai Pattaya dengan pantai Jomtien. Terlihat monumen Pangeran Jumborn Bapak Angkatan Laut Thailand, beliau anak salahsatu anak Raja Rama V yang menjadi pangeran pertama yang dikirim ke Inggris untuk menjadi cadet Royal Navy. Kerja kerasnya beliau memodernisasi angkatan laut Thailand menjadi beliau di hormati sebagai Bapak Angkatan Laut Kerajaan Thailand.  Jadi jangan heran kalau banyak pelaut-pelaut berdoa dengan  hio disini sebagai tanda penghormatan.

Patung Pangeran Jumborn

Pemandangan dari atas bukit ini cukup menarik terlihat pantai Jomtien Beach disebelah kiri dan disebelah kanan Pantai Pattaya. Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan Teluk Pattaya.,terlihat pantai dengan gedung-gedung tinggi dan kapal-kapal  kecil yang lalu lalang disekitar teluknya. Disini juga terlihat pemandangan penuh teluk  Pattaya terbentang dari dermaga Bali Hai sampai ujung pantai teluk Naklua.  Berhubung matahari terik, lebih baik  datang pagi, sore. Buka  jam 07.00 – 22.00.  Dekat komplex ini, terdapat  kuil Wat Khao Phra Bat, didalamnya terdapat replika tapak kaki Budha yang konon berusia 200 tahun (telapak kakinya besar sekali), beberapa patung Budha dan bangunan berbentuk Mondop. Tapi anehnya, tidak ada biksu yang tinggal di kuil ini.

Bukit Patung Buddha  (Big Budha Hill “Wat Phra Yai Pattaya”)

Kira-kira 800 meter dari Pattaya View Point, terdapat kuil Wat Phra Yai (patung Budha raksasa).  Terletak di atas Bukit Pratamnak, patung Budha ini terlihat dari segala arah bukit terkenal juga dengan nama Budha Hill, melewati tangga  yang kanan kirinya dihiasi ular naga berkepala tujuh berwarna emas. Naga digambarkan sebagai mahluk mistis berfungsi sebagai penjaga. Di sepanjang jalan menuju tangga ini, banyak orang berjualan burung. Burung-burung ini biasanya dibeli untuk dibawa dan dibebaskan di puncak bukit. Dengan tinggi kurang lebih 300 kaki, patung Budha emas ini memang terlihat sangat besar. Konon dulunya patung ini berwarna putih sebelum akhirnya dicat kuning emas. Didepannya ada altar kecil untuk menaruh hio bagi orang-orang yang datang berdoa untuk kesehatan, kebahagiaan dan kekayaan.  Patung Budha raksasa ini dikelilingi 7 patung Budha kecil dalam berbagai pose yang mewakili hari Senin s/d hari Minggu. Patung Buddha hari senini yang dipercaya dapat membawa ketenangan, Patung Buddha hari selasa yang berpose tidur (reclining) dipercaya dapat memberi tidur nyenyak dan sebagainya. Pengunjung memberikan donasi didepan masing-masing patung Budha sesuai dengan hari kelahiran mereka. Buka setiap hari dari jam  7 pagi sampai jam 10 malam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s